Rabu, 02 Mei 2012

Bank Asal Korsel Gandeng BRI

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Industrial Bank of Korea (IBK) dari Korea Selatan (Korsel) masuk ke Indonesia dengan menggandeng  PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).
Sasaran IBK adalah pembiayaan perusahaan asal Korsel yang beroperasi di Indonesia. Cukup banyak perusahaan asal Korsel yang sudah beroperasi dan berminat berinvestasi di Indonesia baik yang berskala kecil, menengah, maupun besar. Selama ini, perusahaan Korea Selatan yang didanai IBK mayoritas bergerak di sektor otomotif dan mikro.
"Kami belum punya cabang di Indonesia. Kalau kami mau menyalurkan pembiayaan ke perusahaan Korea di sini, penjaminannya bisa melalui bank yang ada di Indonesia," ujar Chairman & CEO IBK Jun Hee Cho, Senin (1/5), seperti dilaporkan Kontan.
Menurut Jun Hee, pemilihan BRI lantaran ada kesamaan kedua bank dalam hal fokus ke sektor Usaha Kecil dan Menengah (UMKM). Selain itu, IBK dan BBRI sama-sama bank yang sahamnya dimiliki pemerintah masing-masing negara.
Selain kerja sama dalam hal pembiayaan perdagangan (trade finance), IBK juga melihat potensi kerja sama melalui layanan remitansi.
"Ada 6.000 tenaga kerja Indonesia di Korsel yang terdaftar di IBK untuk mengirimkan uang ke Indonesia. Kalau kerja sama dengan BRI sudah berjalan, para TKI ini bisa buka rekening untuk pinjaman usaha ataupun transaksi valas," ungkap Jun Hee.
Tribunnews.com memberitakan, BRI ingin memanfaatkan kerja sama ini untuk untuk menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR) kepada tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di Korea Selatan.(*)

1 komentar:

BRIfast Remittance mengatakan...

Selamat y sukses terus buat BRI

Posting Komentar

 
Design by BRIfast Remittance | Kirim uang dengan hitungan detik | Seluruh dunia