Selasa, 01 Mei 2012

Potensi Remitansi Besar, BRI Gaet Industrial Bank of Korea - MEDIA INDONESIA.COM

JAKARTA--MICOM: PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) menandatangani kerja sama aliansi internasional dengan Industrial Bank of Korea.

Kerja sama tersebut berpotensi memperbesar layanan remitansi, pembiayaan perdagangan (trade finance), serta pembiayaan lain untuk perusahaan Korea Selatan maupun perusahaan Indonesia yang hendak ekspor ke Korsel. Pendapatan yang diraih BRI dapat mencapai Rp87,5 miliar.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Perusahaan BRI Muhammad Ali usai penandatanganan tersebut. Proyeksi fee based income trade finance sebesar Rp75 miliar dan fee based income remittance Rp4 miliar.

"Pendapatan pengendapan dana sebesar Rp8 miliar dan pendapatan selisih kurs valas Rp515 juta," tutur Ali menjabarkan kepada wartawan, Selasa (1/5).

Potensi tersebut cukup besar karena jumlah TKI di Korsel cukup besar dan kebanyakan merupakan tenaga kerja ahli. TKI di Korsel pada 2011 tercatat 37.000 orang. Setiap tahun, jumlah TKI tersebut bertambah 10.000.

Data Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) menunjukkan nilai remitansi dari Asia Pasifik, termasuk Korsel, sepanjang 2011 mencapai US$3,8 miliar dengan transaksi asal Korsel sebanyak 28.000 kali.

"Sekarang IBK menangani remitansi dari 6.000 TKI dengan nilai per transaksi Rp10 juta per bulan. Jadi paling tidak Rp60 miliar. Fee-nya Rp15.000-Rp20.000 per transaksi. Kami juga bisa dapat pemasukan dari selisih kurs," terang Direktur Keuangan BRI Achmad Baiquni. (GA/OL-5)

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by BRIfast Remittance | Kirim uang dengan hitungan detik | Seluruh dunia